Thursday 12 June 2014

Catatan Pendakian Gunung Prau 2565 Mdpl, Gunung seribu umat






Gunung Prau adalah gunung dengan ketinggian 2.565 meter diatas permukaan air laut. Gunung ini terkenal dengan puncak seribu bukit atau para pendaki sering menyebutnya bukit teletubies karena di puncak terdapat banyak bukit yang sangat mempesona. di Puncak Prau kita akan disuguhi pemandangan yang sangat mengagumkan dari hampir semua gunung yang ada di Jawa tengah, sebut saja 2 kembar Sumbing Sindoro, Merapi, Merbabu, Lawu, Slamet, Ungaran. dari Puncaknya kita juga  bisa menyaksikan keindahan dataran tinggi Dieng lengkap dengan Telaga warnanya yang sangat Indah.

Pada pertengahan Mei lalu atau setelah 2 minggu mendaki Gunung Sindoro aku dan dua temanku berkesempatan membuktikan keindahan Gunung Prau yang selama ini hanya kudengar melalui kiriman orang-orang di Grup Pendaki yang ada di Facebook atau Twitter. kami memutuskan memilih jalur pendakian lewat Patak banteng, Lokasi basecamp ada di Jalur menuju dieng sekitar 1 Km dari pintu gerbang Dieng Plateu (Lupa nama daerahnya). dari Patak banteng hanya membutuhkan waktu tak kurang dari 2 jam untuk langsung sampai ke Puncaknya, tak ada puncak bayangan seperti layaknya di Sindoro atau Sumbing. Mungkin karena waktu yang relatif cepat untuk sampai puncak dan trek yang bersahabat sehingga yang mendaki Prau bukan hanya seorang Pendaki saja tetapi dari semua kaum (Termasuk kaum alay dan cabe-cabean :p). malam itu puncak sudah di penuhi ratusan tenda menandakan bahwa gunung ini adalah gunung yang paling bersahabat bagi semua kalangan.

Berikut ini beberapa hasil Jepretanku dari Puncak Gunung Prau : 



















































Mungkin jutaan kamera tak akan pernah bisa mewakili Keindahan Alam Nusantara baik itu Gunung maupun Pantainya, Kepaklah ranselmu selagi masih muda, karena masa muda tak akan pernah datang dua kali dan terlalu disayangkan bila hanya berdiam diri atau menghabiskan waktu kegiatan yang tidak jelas. Rasakanlah sensasinya dari dekat baru ceritakan nanti buat anak cucu kita bahwa INDONESIA ITU INDAH.

-Salam Rimba-


No comments:

Post a Comment