Wednesday 2 April 2014

Nge-Trip ke Curug Silawe, Air Terjun Indah nan Mempesona di Magelang



Halo sahabat petualang, sahabat traveler, sobat pendaki atau itu apa namannya yang membebaskan dirinnya dengan hal-hal positif. Pada tulisan ini saya akan menceritakan keindahan Curug Silawe. Mungkin ada yang belum tau arti dari curug, karena curug adalah bahasa jawa dari air terjun, sehingga curug silawe apabila di Indonesiakan berati Air Terjun Silawe. Curug silawe berada di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, apabila dari arah Magelang kira-kira berjarak  20-30 Km, dan apabila dari magelang ambil rute menuju Purworejo,dan setelah sampai di Krasak ambil kearah kajoran, dari pertigaan kira-kira tidak sampai 10 km

sampai di Lokasi. Minggu Pagi itu saya berdua bersama adik saya penasaran dengan keindahan curug silawe yang katannya tidak kalah dari grojogan sewu. Maka saya beserta rombongan yang hanya satu orang langsung bergegas. Minggu pagi memang sangat cocok untuk berjalan-jalan menikmati keindahan Indonesia, apalagi Keindahan yang masih sangat alami dan belum diketahui banyak orang, Curug silawe tergolong Air terjun yang sangat panjang, kira-ira 60-70 meter panjangnya, terletak di ketinggian 500 mdpl, letak tepatnya ada di kaki gunung Sumbing yang ada di daerah Magelang.
perjalanan dari Rumah ke Curug silawe hanya membutuhkan waktu 45 menit menggunakan motor kesayangan. Rute menuju kesana sangatlah mudah, tetapi untuk arah belokannya belum ada petunjuk resminya, sehingga tanya-tanya menjadi kebutuhan wajib apabila tidak ingin tersesat. menuju arah kajoran jalanan beraspal, setelah kira-kira sesudah pasar kajoran bertanya sangat diperlukan, apabila sudah menemukan jawaban dari warga maka belokan akan segera diketahui..haha. setelah jalanan beraspal akan memasuki kawasan dimana hamparan sawah nan hijau dan Bukit menoreh yang memanjang dari magelang-purworejo akan menjadi penyedap mata,setelah itu perumahan penduduk dan akan ada tanjakan berbatu tapi masih bisa dilalui sepeda motor sebelum sampai TKP. cukup membayar 3000 rupiah sebagai tiket masuk sekaligus parkir (murah bukan). dari parkiran suara air terjun bergemuruh sangat merdu, di padu dengan kicauan burung yang membuat hati ini menjadi damai, masih jarang pengunjung, dan suasanannya begitu sangat alami. setelah parkir motor aku dan adikku langsung menuju ke lokasi. jalanan setapak dengan sedikit penjual gorengan yang menjadi penghiasnya, ramah mereka menawarkan dagangannya, lidah tak kuasa menolak apalagi hawanya sangat dingin, gorengan sangat cocok sekali, setelah membungkus dan jalan sambil makan gorengan tak terasa Air terjun nan Indah memanjakan mata kami. berikut ini mungkin bukan jepretan menggunakan kamera terbaik namun semoga dapat mempresentasikan keindahan Curug Silawe

Menjulang tinggi dan Alami

Oh iya di atasnnya juga ada air terjun lain, namannya Curug Sigong, entah darimana nama Sigong diambil, yang jelas dari sisi ketinggian jauh kalah dari Silawe namun dari segi keindahan tak kalah Indah, dipadu dengan batuan unik yang ada di sebelahnya membuat mata tak ingin berpaling dari keindahannya.
 
Bonus Air Terjun Sigong 

 View Curug Silawe dari Spot yang lebih tinggi

 Batuan indah disamping Curug Sigong 

 Tenang menatap CiptaanMu

Keindahan yang jarang terdeteksi (Curug Silawe) 

Itulah jepretan yang sedikit bisa menggambarkan Keindahan Curug Silawe dan Curug Sigong. Indonesia ini Indah apabila kita berani keluar dan menikmatinnya dan berani blusukan mencari keindahan yang jarang terdeteksi, tapi disitulah keindahan yang sebenarnya, yang masih alami dan mempresentasikan Indonesia, Seperti Curug Silawe dan Sigong. walaupun jarang terjamah seperti Grojogan Sewu tapi justru menyimpan Keindahannya tersendiri. Apabila ingin menikmati Indonesia, nikmatilah keindahannya dari dekat, niscaya akan menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air kita, seperti kata Soe Hok Gie.

-Salam Lestari-






No comments:

Post a Comment