Thursday 12 January 2017

Pesona Gunung Manggul Joyo, Salah satu Surga tersembunyi di Purworejo



Letak Geografis
Gunung Mangguljoyo terletak di Desa Cacaban Kidul, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa tengah. Merupakan sebuah bukit menjulang tinggi dengan struktur utamanya adalah batu yang ditumbuhi oleh banyak rumput liar, sehingga apabila nampak dari kejauhan akan berwarna hijau semu biru mencolok seperti Gunung, atas dasar itulah mungkin warga sekitar menyebutnya Gunung Mangguljoyo.

Sejarah Asal-usul Nama Mangguljoyo
Seperti namanya yang sangat kejawen, asal-usul nama Mangguljoyo juga "sarat sejarah". konon dahulu kala ada Prajurit Mataram yang dikejar-kejar oleh bala tentara belanda sehingga mau tidak mau Ia harus melarikan diri sejauh mungkin, kemanapun Ia berlari tentara belanda selalu menemukan jejaknya, karena semakin terdesak Ia lari ke daerah pegunungan tepatnya di sekitar pegunungan menoreh, di Pegunungan ini ada salah satu bukit batu tersembunyi dan Ia yakin tentara belanda tak akan sanggup lagi merekam jejaknya apabila ia bersembunyi di atas bukit sana,

Bukit batu inilah yang bernama Gunung Mangguljoyo, berasal dari nama sang prajurit yang bernama Mbah Joyo, Beliau bersembunyi cukup lama sehingga petilasan nya pun dikeramatkan oleh warga sekitar. Nama Mangguljoyo juga di gunakan sebagai nama-nama lembaga maupun sekolah dasar di Desa Cacaban Kidul. selain petilasan mbah joyo sendiri ada pula makam pegawal beliau di kaki gunung yang sering di ziarahi oleh orang-orang tertentu. selain itu Gunung Mangguljoyo juga terkenal akan hal-hal mistis yang tentu tidak dapat dijelaskan dengan akal sehat, tetapi apabila kita berniat untuk berwisata dengan tujuan baik maka saya yakin makhluk tak kasat mata tidak akan mengganggu kita.


Petilasan Mbah Joyo di Puncak  (Sang Prajurit Mataram)

Pesona Keindahan Gunung Mangguljoyo
Mari kita tinggalkan sejarah Gunung Mangguljoyo, kita bicarakan potensi wisatanya. mungkin Gunung Mangguljoyo tidak setinggi Gunung Kunir yang sudah dibangun wisata kelas kabupaten,atau bukit-bukit menoreh lainnya yang menjulang tinggi. bila rata-rata perbukitan menoreh mempunyai ketinggian 800-900 Mdpl, Gunung Mangguljoyo mungkin hanya separuhya yaitu kisaran 400 Mdpl, tapi jangan pernah meremehkan dalam hal pendakianya, walau hanya 30 menit sampai puncak tertinggiya, kemiringan yang hampir 180 derajat membuat dengkul ketemu lutut, terlebih lagi jalan yang berbatu yang licin baik hujan maupun kemarau, karena ada sedikit sumber air yang selalu mengalir sepanjang waktu.


Sebelum Puncak utama

Trek awal pendakian

Sama seperti di Gunung Kunir, waktu terbaik menikmati Puncak adalah pagi dan sore hari karena semua Gunung di Jawa tengah akan nampak dari Puncak saat pagi dan sore hari, mulai Merapi Merbabu, Sumbing, Sindoro, Dieng plateu, Ungaran, Andong, Telomoyo, Barisan perbukitan Menoreh bahkan Gunung Slamet. di bawah Gunung juga ada bukit yang bernama bukit Pencu, di bukit pencu inilah kita dapat memandang Puncak Mangguljoyo dari dekat. juga ada batuan unik yang bernama Watu Mangklik atau batu Mangklik yang letaknya tepat di kaki Gunung, Batu ini bisa buat ngadem karena berbentuk seperti sangkar yang menghadap langsung ke hamparan  sawah penduduk. jadi apabila kita ingin ke Gunung Mangguljoyo dapat 3 paket sekaligus, yaitu Bukit Pencu, Watu Mangklik, dan Puncak Mangguljoyo itu sendiri.

Dokumentasi Foto Bukit Pencu-Watu Mangklik-Puncak :


Pemandangan dari Bukit Pencu : Sumbing Sindoro

Sumbing Sindoro dari Puncak Mangguljoyo

Memandang Gunung Kunir dari Puncak

View Menoreh dan Sumbing Sindoro dri Puncak

Ngadem di Watu Mangklik

Watu Mangklik 

Watu Mangklik

Senja di Puncak

Pemandangan ketika maghrib menjelang

Sisi yang lain : Kota Purworejo nan jauh di sana

Turun Gunung


Baca Juga 


SALAM LESTARI 




No comments:

Post a Comment