Monday 18 January 2016

Pesona Gunung Banyak Angkrem, salah satu Spot Sunrise di Perbukitan Menoreh




Perbukitan Menoreh adalah Surga tersembunyi yang belum banyak terjamah oleh para orang yang mengatasnamakan petualang. salah satu surga tersembunyi itu bernama Bukit Banyak angkrem, tapi warga sekitar menyebutnya dengan Gunung Banyak Angkrem, Konon katanya nama tersebut terpilih karena bentuk Gunung yang mirip Banyak Angkrem atau dalam bahasa indonesia mirip "Angsa Mengerami telur-telurnya" .









Gunung Banyak Angkrem terletak di Desa Kalirejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. tapi banyak titik awal dan jalur pendakian yang bisa dilalui. walau belum ada Basecamp resmi, pendaki yang akan ke Banyak Angkrem bisa start dari 2 Desa yang berbeda Kabupaten, yaitu Desa Kalirejo yang ikut Kabupaten Magelang dan Desa Pekacangan yang ikut Kabupaten Purworejo, sehingga bisa dikatakan bahwa 2 Desa beda Kabupaten itu mengapit Gunung Banyak Angkrem.




\

Rute via Desa Kalirejo apabila dari Kota Magelang ambil ke arah Purworejo, dan setelah sampai di Kota Salaman ada bundaran ambil ke arah kiri atau ke arah Candi Borobudur, dari Bundaran sekitar 500 km akan ada pertigaan lalu ambil ke kanan, dari situ hanya skill bertanya yang bisa membawa kita ke lokasi awal pendakian, karena memang kondisinya belum ada basecamp resmi. sementara rute via Desa Pekacangan lebih rumit, yaitu apabila dai kota salaman ambil ke arah purworejo, setelah sampai pos ojek kalijambe ambil kiri, setelah sampai Desa Pekacangan masih harus masuk ke dusun sijeruk, perempatan ke arah sijeruk patokanya setelah SMP 37 Purworejo. dari situ masih harus melalui medan yang sulit untuk mencapai dusun terakhir tersebut. sehingga saya sarankan agar melalui jalur yang lebih mudah yaitu jalur kalirejo.

Baca Juga :
Golden Sunrise, Gunung Kunir, Benowo, Purworejo






Waktu yang tepat untuk ke Gunung Banyak Angkrem adalah pada pagi hari, saat dimana sunrise khas menoreh menampakkan keanggunanya. selain itu pada saat pagilah hampir semua Gunung di Jawa tengah nampah jelas dan gagah. mulai dari Gunung tidar, Triple S Sumbing, Sindoro, Slamet, Ungaran, Andong dan double M Merapi Merbabu yang nampak sangat jelas di Depan mata. sehingga start Pendakian harusnya pada pukul 3 pagi atau camping sekalian di Puncaknya, walau hanya muat sekitar 5 tenda di Puncaknya.













Banyak Angkrem mempunyai 2 puncak yang terdiri dari puncak bayangan dan puncak sejati. untuk mencapai puncak sejati cukup berbahaya karena harus melalui batu dengan latar bukit curam yang tentu saja sangat muram bila kita sampai terpeleset. sehingga disarankan agar ketika kondisi licin alangkah baiknya bila kita tidak naik ke puncak sejati karena batunya berlumut dan tapakan kaki sangat minim. 




Itulah gambaran singkat salah satu surga tersembunyi di bukit menoreh, walaupun tak setenar spot-spot yang lain Gunung Banyak Angkrem selalu punya keistimewaan tersendiri yang layak disebut sebagai Surga Tersembunyi . Ingat selalu bawa turun sampahmu karena plastik tak akan pernah hancur oleh pergantian zaman.

-SALAM LESTARI-


Info : Bagi yang berminat dan butuh petunjuk jalan bisa hubungi 082226862691. Bebas Biaya asal kalian senang menikmatinya.




No comments:

Post a Comment